RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 2 Pangkajene
Kelas : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA /SENI RUPA
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di mancanegara
Indikator :
• Mengidentifikasi beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara
• Mendeskripsikan beragam aliran dan ciri serta penciptanya karya seni rupa murni mancanegara
1.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat
a.Menyebutkan beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara dari hasil pengamatannya
b.Membuat analisis perbedaan ciri lukisan realisme dan impresionisme
2. Materi Ajar
- Beragam jenis, bentuk,teknik, fungsi, makna seni rupa murni mancanegara
- Sejarah seni rupa murni mancanegara
3. Metode : Model Pendekatan CTL dan Lifeskill
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
No. Kegiatan Alokasi Waktu
1. Kegiatan Awal :
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa melihat atau
mengamati bentuk, fungsi seni rupa
Apa fungsi seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi itu? 5 menit
- Motivasi :
Guru mengajak siswa untuk melihat contoh karya seni rupa murni mancanegara melalui kumpulan klipping
yang ada di perpustakaan atau buku literatur 5 menit
2. Kegiatan Inti :
- Guru mengintruksikan supaya siswa menyiapkan kertas kerja untuk mengidentifikasi beragam karya seni rupa mancanegara
- Siswa melaksanakan instruksi guru 5 menit
No. Kegiatan Alokasi Waktu
- Siswa secara perorangan mulai dengan mencoba menuliskan jenis, bentuk, teknik, fungsi, makna seni rupa mancanegara dari hasil pengamatannya 15 menit
- Untuk lebih membuat suasana nyaman dan menyenangkan guru menyiapkan ilustrasi dengan sajian musik ringan 15 menit
- Siswa melanjutkan pekerjaannya mengidentifikasi beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara 15 menit
- Guru memberikan bimbingan pada siswa yang menemukan kesulitan.
- Guru mengamati kegiatan siswa sambil menilai sikap siswa terhadap kegiatan tersebut 10 menit
- Siswa meneliti dan merapihkan kembali pekerjaannya 5 menit
- Siswa membacakan hasil kerjanya di depan temannya 20 menit
3 Penutup :
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar : 5 menit
- Menanyakan senang atau tidak dengan kegiatan tersebut
- Apa yang dirasakan atau ditemukan pada waktu membuat gambar bentuk
- Anak menanggapi hasil karyanya sendiri
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Buku-buku seni rupa yang relevan
- Alat dan bahan
- CD
VI. Penilaian :
- Penilaian proses
- Penilaian hasil
Pangkajene, 10 Juli 2008
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. MUHTAR AHMAD ANSHARI,
NIP 131095142 NIP 131909795
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 2 Pangkajene
Kelas : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA /SENI RUPA
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : Mengapresiasikan Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di mancanegara
Indikator :
• Mengidentifikasi beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara
• Mendeskripsikan beragam aliran dan ciri serta penciptanya karya seni rupa murni mancanegara
1.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat
a.Menyebutkan beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara dari hasil pengamatannya
b.Membuat analisis perbedaan ciri lukisan realisme dan impresionisme
2. Materi Ajar
- Beragam jenis, bentuk,teknik, fungsi, makna seni rupa murni mancanegara
- Sejarah seni rupa murni mancanegara
3. Metode : Model Pendekatan CTL dan Lifeskill
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
No. Kegiatan Alokasi Waktu
1. Kegiatan Awal :
- Pendahuluan
- Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa melihat atau
mengamati bentuk, fungsi seni rupa
Apa fungsi seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi itu? 5 menit
- Motivasi :
Guru mengajak siswa untuk melihat contoh karya seni rupa murni mancanegara melalui kumpulan klipping
yang ada di perpustakaan atau buku literatur 5 menit
2. Kegiatan Inti :
- Guru mengintruksikan supaya siswa menyiapkan kertas kerja untuk mengidentifikasi beragam karya seni rupa mancanegara
- Siswa melaksanakan instruksi guru 5 menit
No. Kegiatan Alokasi Waktu
- Siswa secara perorangan mulai dengan mencoba menuliskan jenis, bentuk, teknik, fungsi, makna seni rupa mancanegara dari hasil pengamatannya 15 menit
- Untuk lebih membuat suasana nyaman dan menyenangkan guru menyiapkan ilustrasi dengan sajian musik ringan 15 menit
- Siswa melanjutkan pekerjaannya mengidentifikasi beragam seni rupa murni karya seni rupa mancanegara 15 menit
- Guru memberikan bimbingan pada siswa yang menemukan kesulitan.
- Guru mengamati kegiatan siswa sambil menilai sikap siswa terhadap kegiatan tersebut 10 menit
- Siswa meneliti dan merapihkan kembali pekerjaannya 5 menit
- Siswa membacakan hasil kerjanya di depan temannya 20 menit
3 Penutup :
Guru bersama-sama dengan siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar : 5 menit
- Menanyakan senang atau tidak dengan kegiatan tersebut
- Apa yang dirasakan atau ditemukan pada waktu membuat gambar bentuk
- Anak menanggapi hasil karyanya sendiri
V. Alat dan Sumber Belajar :
- Buku-buku seni rupa yang relevan
- Alat dan bahan
- CD
VI. Penilaian :
- Penilaian proses
- Penilaian hasil
Pangkajene, 10 Juli 2008
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. MUHTAR AHMAD ANSHARI,
NIP 131095142 NIP 131909795